Pages

Biografi YUI Yoshioka

Rabu, 10 September 2014
Hai.. Hai.. Hai..

Ogenki Desuka? xD

Kembali lagi nih saya mengisi kekosongan blog ini hahaha xD setelah hiatus panjang pra dan pasca UN dan juga seleksi masuk SMK akhirnya semua berjalan seperti yang diharapkan, Alhamdulillah!
Nah sekarang saya akan mengulas tentang penyanyi J-pop yang tak sudah asing lagi bagi para pecinta Musik J-Pop yaitu YUI YOSHIOKA, langsung aja kita simak xD



YUI adalah anak yang dibesarkan oleh ibunya saja, karena Orang tua YUI bercerai pada saat YUI berumur 3 tahun. dia pernah berkata bahwa dia selalu dekat dengan musik. karena itulah semenjak dia SD, dia sudah memantapkan diri menjadi seorang penyanyi.
ketika YUI kelas 3 SMP dia memulai menuliskan perasaannya lewat lagu yang ia buat sendiri. YUI sangat bercita-cita menjadi seorang penyanyi, dia selalu membawa gitarnya kemana-mana dan dia selalu melihat pertunjukkan grup bianconero dijalanan. Ketika pulang Sekolah orang lain akan menghabiskan sisa waktunya dirumah untuk mengerjakan PR atau bermain. Tetapi tidak dengan YUI, setelah pulang sekolah dia bekerja paruh waktu di restoran cina untuk membayar uang sekolahnya. dia hanya bisa tidur 2 Jam dalam 1 hari. Itulah kenapa dia selalu sakit. Pada suatu ketika YUI sakit dan berada di rumah sakit. dia mulai berpikir bahwa musik dan sekolah tidak bisa searah dalam keadaan seperti itu.

YUI mengkuti Soundpark Audition Talent pada tahun 2002 dan menjadi juara kesatu pada saat itu. beberapa bulan setelahnya YUI divonis oleh Dokter terkena penyakit kanker Paru-Paru dan hanya bisa hidup selama 1 tahun, YUI pun memutuskan untuk berkarir dimusik dalam 1 tahun hidupnya itu (itulah kenapa YUI sekarang menjadi artis). kemudian dia mengekspresikan keinginannya untuk menjadi penyanyi kepada band bianconero. Band itupun menyarankan agar YUI mengikuti sekolah musik. terlepas dari norma-norma di Jepang supaya semua orang harus lulus sekolah dan guru-guru YUI yang sudah putus asa. YUI tidak ragu-ragu untuk memutuskan sekolahnya dan mulai belajar musik. untuk menjadi seorang yang professional, dia mempertunjukkan stree livenya di Fukuoka Tenjin Station. Street live ini membantu dia mengurangi rasa malunya. Ternyata Vonis Dokter terhadap YUI salah. YUI hanya terkena pneumonia saja dan perlu beristirahat selama 2 bulan. Setelah dia meninggalkan rumah sakit, dia mendapatkan kesempatan untuk menunjukkan performanya dalam menyanyi di street live.

Karir Professionalnya diawali pada tahun 2004 ketika Sony Music Japan mengadakan "SD Audition". Dari 20.000 Peserta, hanya 10 orang yang lulus audisi, termasuk YUI. semua perserta hanya dapat menyanyikan 2 lagu saja, akan tetapi YUI diizinkan menyanyi 3 lagu, yaitu: Why me, It's Happy Line dan I Know. YUI diberi nilai yang sangat tinggi oleh para Juri.

Pada tanggal 24 desember 2004, YUI rilis Single debutnya yang berjudul "I'ts Happy Line" dengan label Indie Leaflet Records, karena YUI tidak kunjung dipanggil oleh Sony Music. Single tersebut berisi "I'ts Happy Line" di side-A dan "I Know" di side-B. Kaset ini hanya ada 2000 kopi saja dan dijual di daerah rumahnya dan oleh YUI sendiri.

Era From Me To You (2005-2006)

Untuk pernghargaan sebagai kampung halamannya, YUI me-rilis single pertamanya dengan label Sony Music yang berjudul "Feel My Soul" ketika dia meninggaklan Fukuoka. Debut single ini dijadikan tema serial drama di salah satu TV terkenal. Single ini rilis pada tanggal 23 Februari 2006. Single ini laku hingga 100 ribu kopi, tidak sesukses single berikutnya, yaitu: Tomorrows Way, LIFE dan TOKYO. Tour pertama YUI pada tahun 2006 Bertajuk "7 Street" Live Life Love (21 Maret - 18 April 2006)

Setelah ketiga single tersebut YUI merilis Album yang berjudul From Me To You, isinya ada 13 lagu, diantaranya:
  1. Merry Go Round
  2. Feel My Soul
  3. Ready to Love
  4. Swing of Lie
  5. LIFE
  6. Blue Wind
  7. I Can't Say
  8. Simply White
  9. Just My Way
  10. Tomorrow's Way
  11. I Know
  12. TOKYO
  13. Spiral & Escape
 Era Can't Buy My Love (2006-2007)

YUI masuk ke dunia akting layar lebar yang berjudul Midnight Sun (
太陽の歌/ Taiyou no Uta / Song in the Sun). film tersebut diputar di Cannes Film Festival pada tahun 2006 dan dirilis di Jepang pada tanggal 17 Juni 2006. YUI memenangkan penghargaaan sebagai pendatang baru terbaik untuk filmnya. sebelum film Midnight Sun rilis, YUI sudah terlebih dahulu merilis single kelima-nya yang berjudul Good-bye Days yang dia tulis secara khusus untuk film tersebut. Single "Good-bye Days" terdiri dari Good-bye Days sebagai Side-A, It's Happy Line Dan Skyline Sebagai Side B-nya dan ketiga lagu tersebut ditampilkan di film Midnight Sun. Single Ini terjual lebih dari 200 ribu kopi.

Single selanjutnya adalah single ke 6 adalah I Remember You, Single ini menaikkan popularitaskan Single Sebelumnya dan film Taiyou no Uta. Single ini rilis pada tanggal 20 September 2006, dan setelah I Remember You rilislah single ke 7 "Rolling Star" yang menjadi Theme Song pembukaan bleach seri ke-5. dan single ke 8 CHE.R.RY. KDDI "Listen Mobile Service" memakai singel ke-8 YUI, "CHE.R.RY" sebagai theme songnya.
Tour ke-2 YUI pada tahun 2007 bertajuk "Spring & Jump": Can't Buy My Love (April 13 –  1, Juni 2007)

Setelah ke-empat single tersebut rilisi. lahirlah album ke-dua, yaitu Can't Buy My Love. Album ini terjual lebih dari 680 ribu kopi. Isi dari album ini adalah:
  1. How Crazy
  2. Rolling Star
  3. I'ts All Right
  4. I Remember You
  5. RUIDO
  6. CHE.R.RY
  7. Thank You My Teens
  8. Umbrella
  9. Highway Chance
  10. Happy Birth Day To You You
  11. Winding Road
  12. Good-bye Days
  13. Why
Era I Loved Yesterday (2007-2008)
YUI Merilis Single Ke-9nya, yaitu My Generation/Understand  pada tanggal 13 Juni 2007. Ini pertama kalinya YUI merilis album dengan 2 side-A didalamnya. My Generation terpilih sebagai lagu penutup untuk drama TV Seito Shokun! dan Understand terpilih sebagai theme song untuk film Dog in a Sidecar (
サイドカーに犬) single ini bertengger ditempat pertama pada minggu pertama perilisan.

Single ke-10 adalah LOVE & TRUTH rilis tanggal 26 September 2007 yang menjadi Theme Song Pada Film Closed Note.

Live pertamanya pada konser "Thank You My Teens" pada tanggal 14 November 2007. Pertunjukkan live pertamanya pada tanggal 19 November 2007 di Nippon Budokan.

Single ke-11nya berjudul Namidairou, rilis pada tanggal 27 Februari 2008. Lagu ini menjadi Theme Song 4 Shimai Tantei Dan.  YUI diminta untuk membuat lagu ini dengan nada gelap dan sedih.

Seminggu setelah perilisan single ke-11, video promosi "Laugh Away"  dijadikan untuk glico komersil yang berjudul "Watering KissMint". Laugh Away rilis sebagai single digital pada tanggal 10 maret 2008. Tur ketiga YUI, bernama "Oui: I Loved Yesterday" dimulai pada bulan Mei 2008 dan berlangsung sampai bulan Juli 2008.

Album ketiga yang berjudul I Loved Yesterday pada tanggal 9 April 2008 dengan cepatnya memuncaki Oricon Chart.
Isi dari I Loved Yesterday adalah:
  1. Laugh Away
  2. My Generation
  3. Find Me
  4. Now  Way
  5. Namidairou
  6. Daydreamer
  7. Love is All
  8. I will Love You
  9. Wi will Go
  10. Oh Yeah
  11. My Friend
  12. LOVE & TRUTH
  13. Am I Wrong
Era My Short Story
Single Ke-12 adalah "Summer Song", Rilis pada tanggal 2 Juli 2008. Single ini memuncaki Oricon Chart di minggu pertama dengan Penjualan 83,440. ini menjadi penjualan terbesar kedua setelah LOVE & TRUTH

YUI merilis Album Kompilasi pertamanya dengan judul "My Short Story" 12 November 2008. Dengan lagu baru yang berjudul "I'll Be", YUI adalah artis kedua yang Album Kompilasinya menempati Peringkat Pertama di Oricon setelah tersentuh oleh Seiko Matsuda pada tahun 1984 yang berjudul Touch Me.

Di "YUI Diary", YUI menyebutkan bahwa dia akan hiatus untuk beberapa bulan, setelah Rilis album ini agar bisa berkonsentrasi untuk rencana setahun kedepan. Selama Istirahat ini, YUI bersama-sama menulis Lagu "I Do It" bersama Stereopony. Ini menjadi Single ke-3 Stereopony. pada tanngal 22 April 2009.

Ini adalah Isi Dari Album My Short Story:
  1. I'll Be
  2. HELP
  3. Last Train
  4. Winter Hor Music
  5. Jam
  6. Skyline
  7. Free Bird
  8. I Wanna Be
  9. Oh My God
  10. Cloudy
  11. Driving Today
  12. Understand
  13. crossroad
  14. It's Happy Line
  15. Why
YUI mengumumkan bahwa dia kembali dari hiatusnya selama 5 bulan pada tanggal 25 Maret 2009 di website resminya. YUI kembali dengan membawa Single baru yang berjudul "again". Lagu ini terpilih menjadi lagu pembuka untuk anime "Fullmetal Alchemist Brotherhood" Season terbaru yang tampil perdana pada tanggal 5 April 2009. Single ini rilis pada tanggal 3 Juni 2009. ketika single ini rilis, single ini langsung bertengger di puncak Oricon Chart dengan penjualan 110.000 kopi dalam pekan pertama.

YUI-net.com mengumumkan bahwa YUI merilis Single 2 Side A Yang Ke-2. Judulnya adalah "I'ts All To Much/Never Say Die" pada tanggal 27 Juli 2009 (hanya mengumumkan saja belum merilis). Dua lagu yang berada di single tersebut ditampilkan dalam film adaptasi dari Kaiji baik sebagai tema dan lagu sisipan. single ini dirilis pada tanggal 7 Oktober 2009 dan Kaiji dirilis pada tanggal 10 Oktober 2009. Terjual 75.000 Kopi. Tanggal 20 Januari 2010 YUI merilis Single GLORIA. Terjual 80.000 Kopi, Dan Setelah itu YUI merilis lagi Singlenya yaitu to Mother pada tanggal 2 Juni 2010.

14 Juli 2010 YUI Merilis Album Ke-5nya, Yaitu: Holidays In The Sun. disini terdapat banyak single dari Summer Song Sampai To Mother. Album ini terjual 300.000 kopi, dan meraih sertifikat Platinum untuk album tersebut.

Ini adalah isi dari album Holidays In The Sun.
  1. to Mother
  2. again
  3. Parade
  4. es. car
  5. Shake My Heart
  6. GLORIA
  7. I Do it
  8. Please Stay  With Me
  9. Summer Song
  10. Cinnamon
  11. Driving Happy Life
  12. It's All To Much
  13. Kiss Me
Era How Crazy Your Love
Single Rain dirilis Pada Tanggal 24, November 2010. Dan juga YUI merilis Single "It's My Life/Your Heaven" pada tanggal 26 Januari 2011. YUI Pergi ke Swedia untuk syuting PV Your Heaven dan sebuah film pendek yang menunjukkan perjalanan YUI ke Swedia. DVD tour Hotel Holidays In The Sun Rilis pada tanggal 9 Maret 2011. HELLO ~Paradise Kiss~ rilis pada tanggal 1 Juni 2011. Lagu-Lagu dari single ini (dari side A sampai Side B) dijadikan Theme Song Untuk Film "Paradise Kiss". YUI melakukan perjalanan ke Hong Kong untuk konser luar negeri pertamanya di Arena AsiaWorld-Expo, YUI tampil dihadapan audien Sebanyak 14.000 orang.

YUI Mengunjungi  Isatomae primary school di Minamisanriku, Miyagi pada saat gempa dahsyat tahun 2011.
YUI pun mengunjungi sekolah-sekolah didaerah yang terkena gempa pada tanggal 7 Juli 2011, dan melakukan konser amal. Single terbaru Green a.Live, isi dari lagu tersebut berisi curahan hati dari YUI pada saat berkunjung kesana pada waktu lalu. Single ini Dirilis pada tanggal 5 Oktober 2011. pada tanggal 10 September 2011, Website YUI mengumumkan bahwa YUI akan melakukan tournya yang kelima bertajuk "Cruising How Crazy Your Love
 
Pada 11 Oktober 2011, album YUI terbaru "How Crazy Your Love" diumumkan akan dirilis pada 2 November2011
 
Isi dari Album How Crazy Your Love
  1. Hello
  2. Separation
  3. Get Back Home
  4. Lock On
  5. U-niform
  6. Cooking
  7. Rain
  8. Good Night
  9. YOU
  10. It's My Life
  11. No Reason
  12. Nobody Knows
  13. Green a.Live

Fight adalah Single yang baru-baru ini keluar. Ini adalah Single ke 21-nya di Sony Music Entertainment. Single ini rilis pada tanggal 5 September 2012. Sebelumnya single ini sudah di bocorkan aransemennya di radio-radio dan acara-acara yang bertajuk perjuangan. lagu ini waktu itu menjadi theme song pada saat NHK ulang tahun yang ke-79 tahun pada tanggal 1 agustus 2012.


Album SHE LOVES YOU. adalah album tribut pertama yang dibuat oleh YUI. Album ini berisi semua lagu YUI yang terkenal, dan bukan YUI saja yang menyanyikannya. miwa, SCANDAL, negoto, Nakagawa Shoko, Kylee, Stereopony, Ide Ayaka, Aoi Eir, joy, Goose house, Sawai Miku, dan Dancing Dolls adalah partisipan dari album ini... saya sebagai penulis juga tidak begitu memahami dengan maksud dari pembuatan album ini, tapi ini adalah ide terbaik yang baru saya dengar dari YUI. Album ini dirilis tanggal 24 Oktober 2012.

Ini adalah Isi Dari Album Tribut SHE LOVES YOU
  1. Stereopony (again)
  2. Ide Ayaka (Namidairo)
  3. Aoi Eir (GLORIA)
  4. joy (Feel My Soul)
  5. Goose House (LIFE)
  6. Sawai Miku (I remember you)
  7. miwa (Good Bye Days)
  8. Negoto (Tomorrow's Way)
  9. SCANDAL (How Crazy)
  10. Nakagawa Shoko (Rolling Star)
  11. Kylee (My Generation)
  12. Dancing Dolls(HELLO)
  13. YUI's self cover (CHE.R.RY from budokan live)
Era GREEN/ORANGE GARDEN POP

Belum sempat sepekan SHE LOVES YOU rilis, di YUI Lover sudah banyak rumor tentang album baru The Best Album, YUI LOVER menjadi penasaran dengan "Best Album" itu, dan akhirnya rincian album tersebut dipublish oleh YUI-net.com dan dengan mengejutkan ternyata terdapat dua CD dengan masing-masing edisi mempunyai arti, GREEN GARDEN POP bercerita tentang YUI saat mulai debut sampai berumur 20 tahun, dan ORANGE GARDEN POP bercerita tentang YUI saat berumu 20 tahun sampai sekarang. tak hanya itu, CD Edisi terbatas akan mendapatkan sebuah Buku/Booklet yang menceritakan tentang YUI untuk masing-masing CD (Green Book untuk GREEN GARDEN POP, Orange Book Untuk ORANGE GARDEN POP), dan untuk CD Combo (Edisi Terbatas atau Reguler) akan mendapat White Book (White Book berisi Photo-Photo YUI yang tidak pernah dipublish oleh Staff/management YUI sendiri.

Berikut Adalah Track List dari GREEN GARDEN POP:
GREEN GARDEN POP Tracklist :
1. HELLO
2. How crazy
3. again
4. LIFE
5. Laugh away
6. My Generation
7. Shake My Heart
8. Rolling star
9. Namidairo
10. I do it
11. I remember you
12. Green a.live
13. It's all too much
14. Please Stay With Me
15. fight
16. Your Heaven
17. YOU
18. Good-bye days

Berikut adalah Track List dari Album ORANGE GARDEN POP:
1. CHE.R.RY
2. feel my soul
3. GLORIA
4. to Mother
5. Merry-Go-Round
6. Tomorrow's way
7. I'll be
8. OH YEAH
9. Rain
10. Never say die
11. es.car
12. SUMMER SONG
13. Happy Birthday to you you
14. Understand
15. Separation
16. It's My Life
17. LOVE & TRUTH
18. TOKYO

tak berselang lama setelah pengumuman The Best Album itu, YUI memutuskan untuk hiatus (19 November 2012). "I have seen new things that I want to challenge, So I’ve decided to take a break in preparation for that.(aku telah melihat sesuatu yang ingin aku tantang, jadi aku telah memutuskan untuk istirahat (hiatus) sebagai persiapan)" < dikutip dari YUI-net.com. itulah yang menjadi salah satu alasan dari YUI. dikutip dari Massage From YUI "I think my spirit was broken so to speak, and it was like I couldn't even sing anymore. And I don't know why it became like that, and maybe I couldn't keep up with myself again (aku berpikir semangatku telah hancur, dan bagaikan tak bisa menyanyi lagi, dan aku tak tahu mengapa bisa terjadi, dan aku tak bisa terus seperti ini)" dan ini " To be honest, I felt like I had reached my limit.  I think I passed the point where I couldn't move forward anymore, and it just got to the point where I probably couldn't continue walking, or recover from it anymore.(Sejujurnya, aku rasa aku sudah mencapai batasku. aku pikir aku sudah melewati titik dimana aku tak bisa maju lagi, dan itu seperti pergi ke titik dimana aku mungkin tak akan bisa melanjutkannya, atau memulihkan ke keadaan semula lagi.)". itu adalah alasan yang logis menurut saya karena YUI mungkin lelah dan ingin berlibur untuk sementara dan kita tahu kalau YUI sudah bekerja sebagai "YUI" di 8 tahun ini. dari kata-kata di atas, itu menunjukkan kalau YUI akan mengganti namanya.

Walaupun nanti YUI mengganti namanya, tetap dia adalah YUI yang kami kenal. ^_^
 Discography

1.1. Album Studio

    From Me to You (2006)
    Can't Buy My Love (2007)
    I Loved Yesterday (2008)
    Holidays in the Sun (2010) 
    How Crazy Your Love (2 November 2011)
    SHE LOVES YOU (24 Oktober 2012)
    GREEN GARDEN POP (5 Desember 2012)
    ORANGE GARDEN POP (5 Desember 2012)

1.2 Compilation albums

    My Short Stories (2008)

2. Filmography

2. 1. DVD

    Thank You My Teens (14, November 2007)
    YUI 4th Tour 2010: Hotel Holidays in the Sun (9, Maret 2011)

2. 2. Film

    Song of the Sun/Midnight Sun (17, Juni 2006)

3. Live performances

3. 1. Tours

    YUI First Tour 2006 "7 Street": Live Life Love (21 Maret - April 18, 2006)
    YUI Second Tour 2007 "Spring & Jump": Can't Buy My Love (13 April -  1, Juni 2007)
    YUI Third Tour 2008 "Oui": I Loved Yesterday (5 Mei - 19, Juli 2008)
    YUI Fourth Tour 2010: Hotel Holidays in the Sun (12 September - 2, November 2010)
    YUI Fifth Tour 2011: "Cruising": How Crazy Your Love (11, November 2011 - 25, Januari 2012)

4. 2. Single-day Performances

    YUI Live 2007 at Nippon Budokan (19, November 2007)
    YUI Live 2011: Hong Kong Hotel Holidays in the Sun (26th, Juni 2011)

YUI and Flower Flower 



Baru-baru ini terdengar kabar bahwa Hana (YUI) telah melakukan secret live bersama band bernama Flower Flower. Namun juga terdengar kabar bahwa rambut Hana (YUI) tetap blone namun dipotong gaya pendek. Hana merupakan panggilan YUI untuk saat ini dan itu sedikit menjawab kabar lalu yang beredar tentang sebab hiatusnya YUI dari panggung musik.

Saat rumor-rumor tersebar, YUI sebenarnya merasa sedikit terganggu, karena YUI sendiri ingin berbagi dengan semua orang, tapi itu sulit karena ia tampil di tempat-tempat kecil bersama seniman lain dan itu akan menyusahkan bagi pemilik tempat serta seniman yang lain. Jadi ia meminta kepada orang-orang untuk membantunya, mencoba untuk tidak membicarakan hal ini di internet lagi.

Coba bayangkan jika ini benar-benar penampilan untuk umum. 1000 fans mencoba untuk masuk ke tempat tsb yang hanya bisa maksimal menampung 50 tamu. 

YUI lelah dari semua omong kosong info-info yang beredar. Dia juga telah mengatakan hal ini di acara Bokura no ongaku dan juga news zero. Dia ingin berhenti Sony, dan mulai dari Flower Flower secara rahasia.

Alasan :
Mereka (pihak Sony) tidak pernah mengijinkan YUI untuk membuat musik yang persis seperti yang diinginkan oleh YUI sendiri. Ketika Sony mengetahui hal tersebut, terjadi masalah. Pada akhirnya YUI dan Sony berkesepakatan. Mereka (pihak Sony) akan memberinya lebih banyak kebebasan berkreasi, tapi ia harus mengakhiri karirnya sebagai "YUI". Dengan melakukan hal ini, ia harus memberhentikan hubungan dengan "YUI Staff" secara keseluruhan, termasuk Honey Bee. 

Pada saat dia mengumumkan hiatus, dia sudah berhenti dari karir (resmi) nya dalam kegiatan musik beberapa waktu lalu. Setelah tur HCYL berakhir, tidak ada pengumuman atau release apapun selain album Fight (yang mungkin lagu tersebut sudah selesai bahkan sebelum tur dimulai), penampilan di TV maupun wawancara.

Dan sekarang, YUI menyanyikan lagu-lagu yang belum diketahui judulnya bagi orang-orang yang tidak kenal dia. Dengan tidak ada staf yang membantunya sekarang. Kita bisa mengatakan dia ingin memulai dirinya dari nol lagi.. 

Maaf ya kalo longpost nih hehe xD semoga Biografi ini bisa membantu kalian mengenal YUI lebih dekat lagi :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar